Pengertian Pondasi dan Jenis-jenis Pondasinya

Pengertian Pondasi dan Jenis-jenis Pondasinya

Pengertian Pondasi dan Jenis-jenis Pondasi

Pengertian Pondasi yang dimaksud disini adalah suatu jenis kontruksi yang menjadi dasar dan pondasi ini berfungsi sebagai penopang bangunan yang ada di atasnya dan ini bertujuan untuk diteruskan secara bertahap dan merata ke lapisan tanah. Namun terdapat juga pengertian pondasi yang lain yang mengatakan bahwa pondasi adalah kontruksi yang telah diperhitungkan sebaik mungkin sehingga hal ini dapat menjamin keseimbangan dan kestabilan bangunan terhadap berat yang akan dibebankan pada pondasi tersebut. Setelah kita mengetahui pengertian dari pondasi tersebut, mari kita lihat Jenis-jenis Pondasi yang perlu diketahui. Mengapa hal ini begitu penting bagi Anda ? Mungkin Anda adalah seorang developer yang ingin membangun rumah atau ruko di tanah yang telah Anda beli sebagai contoh tanah kavling tentu jenis-jenis pondasi tersebut perlu Anda ketahui. Hal ini pastinya perlu menjadi pengetahuan Anda jika Anda memiliki tanah yang ingin Anda jual.

Jenis-jenis Pondasi

1. Pondasi Tiang Pancang

jenis pondasi tiang pancang
jenis pondasi tiang pancang

Pondasi tiang pancang memiliki pengertian seperti biasanya dipergunakan untuk jenis-jenis tanah yang lembek, tanah yang berawa dengan jenis kondisi daya dukung tanah yang kecil. Jika Anda menjual tanah yang lembek maka konsumen harus diberi edukasi terhadap tanah tersebut. Mungkin Anda bisa merekomendasi website ini untuk menjadi bahan pengetahuan bagi konsumen Anda. Sehingga jenis ponasi tiang pancang merupakan suatu jenis kontruksi pondasi yang memiliki kekuatan untuk menahan gaya orthogonal ke sumbu tiang dengan jalan lenturan yang menyerap.

2. Pondasi Batu Kali

jenis pondasi batu kali
jenis pondasi batu kali

Pondasi tiang batu kali merupakan jenis pondasi yang digunakan untuk jenis-jenis bangunan yang sederhana, biasanya jenis pondasi ini digunakan untuk jenis bangunan yang berlantai satu, dimana tanah tersebut merupakan jenis kondisi yang keras yang terletak sangat dekat ditambah lagi tanah tersebut susah digali karena kondisinya berbatuan.

3. Pondasi Batu Bata

jenis pondasi batu bata
jenis pondasi batu bata

Jenis Pondasi Batu Bata ini memiliki persamaan dengan jenis pondasi batu kali, dimana pondasi ini biasanya digunakan untuk jenis-jenis bangunan berlantai satu, dimana tanah yang menggunakan jenis pondasi ini adalah jenis tanah yang keras. Untuk melihat contoh jenis pondasi ini bisa dilihat gambar di bawah ini.

4. Pondasi Telapak

jenis pondasi telapak
jenis pondasi telapak

Pondasi Telapak apa itu pondasi telapak ? Pondasi telapak merupakan pondasi yang sering digunakan untuk bangunan-bangunan yang bertingkat. Jenis pondasi telapak ini yang digunakan pada jenis-jenis bangunan yang sederhana misalnya jenis bangunan yang satu lantai. Karena jenis pondasi satu lantai bisa menggunakan jenis pondasi seperti batu kali atau batu bata.

5. Pondasi Sumuran

jenis pondasi sumuran
jenis pondasi sumuran

Pondasi sumuruan ini merupakan salah satu dari jenis pondasi yang seriing digunakan untuk jenis bangunan yang bertingkat. Jenis ini memliki kedalaman dibawah tanah lebih dari 2 meter. Pondasi sumuran ini dibuat dengan tehnik menggali tanah yang berbentuk bulat sampai ke kedalaman tanah yang keras, kemudian diisii dengan semen beton.
Sekian pembahasan tentang Pengertian Pondasi dan Jenis-jenis Pondasi yang mungkin dapat menambah pengetahuan Anda yang mudah-mudahan dapat membantu Anda membangunan tanah yang Anda jual atau yang telah Anda beli. Kami juga menawarkan tanah yang dijual dengan harga murah dibawah 20 juta. Untuk melihat penjelasan lebih lanjut tentang tanah yang kami jual. Bisa baca disini => Dijual Harga Tanah Kavling Murah Kredit Rumah Minimalis di bawah 20 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *